Makam Syekh Basyaruddin di Gunung Munggut Pringapus


Makam Syekh Basyaruddin terletak di Gunung Munggut. Letaknya berada di sebelah Timur Desa Pringpus ± 5 Km, ke arah Timur masjid Jami’ Syekh Basyaruddin. Gunung Munggut merupakan sebuah bukit, yang puncak bukitnya terdapat makam Pangeran Benowo. Tempat yang sekarang dipakai sebagai makam tersebut dahulu merupakan tempat pertama yang didiami oleh Syekh Basyaruddin dan tempat Syekh mendirikan pondok pesantren dalam menyebarkan agama Islam di Desa Pringapus.

Berikut Foto Dokumentasi Kegiatan Haul di Makam Syekh Basyaruddin Pringapus :
Makam Syekh Basyarudin di Gunung Munggut Pringapus

Makam Syekh Basyarudin di Gunung Munggut Pringapus

Makam Syekh Basyarudin di Gunung Munggut Pringapus

Haul di Makam Syekh Basyarudin di Gunung Munggut Pringapus

 

Tulisan dan gambar di atas disarikan dari Skripsi “Cerita Kitab Blawong Bagi Masyarakat Pringapus Kab. Semarang” oleh Pipit Mugi Handayani – Fakultas Sastra Universitas Diponegoro Semarang

28 Responses to Makam Syekh Basyaruddin di Gunung Munggut Pringapus

  1. Joko Purwanto says:

    Wah, tulisan yg menarik.
    Sebagai wara kab.semarang saya malah tdk tahu klo ada budaya seperti ini.
    Terima kasih untuk penulis.

  2. Master Computer - Pringapus Ungaran says:

    Pak Joko Purwanto, terima kasih atas komentar baik anda. Sebenarnya banyak hal yang menarik di sekitar kita tapi sayang jarang yang mau mengekspose ke publik terutama lewat internet. Jika bapak punya suatu informasi apapun itu yang mungkin berguna bagi orang lain mohon bisa diekspose lewat internet / blog, biar menambah wawasan dan pengetahuan bagi banyak orang.

    Salam, tetap bermanfaat untuk orang banyak.

    Malik-MasterCom – Pringapus

  3. Master Computer - Pringapus Ungaran says:

    Dear Mbak Ririk,

    Silakan saja di posting di wimkimapia, tapi tetap mencantumkan sumbernya.

    Salam,
    Master Com – Pringapus

  4. ririk says:

    Ok mas, tapi maaf, ini bukan mbak, tapi mas, hehe. Iya aku jg anak situ, pringsari lebih tepatnya…
    salam kenal juga – ririk

  5. tomboati says:

    Wisata Religius ini perlu di kembangkan sehingga, memiliki dampak yang positif bagi warga sekitar…

  6. bagoes says:

    Sukses Master Com,dah 10Thn lebih aku tidak ziarah ke Makam tersebut,aku ingat ketika aku sekolah di Madrasah(Sekolah agama sore/lebih terkenal nang pringapus mbiyen sekolah arab) yang ada di sebelah masjid besar Jami Pringapus,tiap ada acara haul dimakam tersebut pasti siswa/wi selalu diikutsertakan,Oya untuk acara Haul biasanya dilaksanakan tiap tgl/bulan berapa ya,dah lama banget,dan kebetulan sekarang aku dijambi dah 7 Thn,salam kenal njih,kulu asli warga Pringapus(Tangkil) matursuwun

  7. irawan says:

    wah ,aku ketinggalan ni.aku melewati masa kecil di pringsari ,aku agak paham tentang gunung munggut. karna (gm) tempatku bermain. soal makam pangeran benowo yang asli bukan di situ/ pringsari. di gm hanya tetirahannya saja.mungkin blom banyak yang tau klo di situ (gm) ada pesugihannya juga ,” dengan, putri celeng”. lokasi sekitar barat makam syech basyarudin. dahulu di gunung munggut ,pasnya -+ sebelah tenggara ( bawah )komplek makam p.benowo ada beberapa kk yang mendiami tempat tersebut. karna suatu hal (wabah /apa) mereka pindah ke arah timur laut,menjadi desa kerto sari.tiada bukti sejarah/ peninggalan disitu selain air pancuran(sumber mata air warga dulu).dan ke-5 sendang yang mengelilingi GM (masing 2 memiliki keghoiban tersendiri); sendang kudo,ngasinan,dll.orang yang memiliki niat jahat / tidak baik diGM akan di buang ke salah satu sendang tersebut/ mendapatkan celaka. pernah,”seorang lelaki dr kertosari bertapa di makam p. benowo,ttp orang itu gila dan akhirnya meninggal. lelaki orang kobongan/ pringapus mengambil kayu makam ,dan di bawa pulang untuk di ukir ,setelah jadi orang tersebut meninggal juga, orang dendeng/tetangga ibuku minta nomer togel di makam s.basyarudin tiba 2 dia berada di sendang ngasinan.(di lempar)dll misteri yang belum terungkap.
    semua itu aku peroleh dari bapakku dari kakekku yang asli oarang pringsari.pringsari pun punya sejarah yang panjang (dan pringapus tentunya).percaya ga percaya kembali pada anda.makasih
    ririk piye kabare? ayo jeguran maneh.he 3x
    da beberapa keturunan s. basyarudin yang masih tinggal di pringsari dan pringapus.

  8. Doen says:

    Setahu saya makam benowo ada di desa beji kec ungaran kab semarang . Disana ada (mana yang bener nich …?)dan saya pernah main-main kesana sewaktu saya masih kecil.

  9. irawan says:

    daerah yogya juga da ,yang bener yang mana coba? dari beberapa buku yang aku baca, bung karno pernah tirakatan di makam pangeran benowo di daerah pinggiran laut jawa.tepatnya aku lupa.aku kira bung karno lebih paham ,memang pangeran benowo berasal dari yogya ,tetapi akhir hayatnya dan kematiannya belum terkuak dengan jelas, masih banyak misterinya. matur suksema

  10. Malik says:

    Memang dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan lebih teruji. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tulisan ini adalah data antropologi bukan data sejarah. Semua terkait paradigma. Namun, sebagai penulis dan peneliti saya sangat berterima kasih atas partisipasi saudara sekalian terhadap tulisan saya.

    tertanda
    Pipit MH

  11. Ainun.a says:

    Asslm’alaikum,slm knl smuanya,mas ririk,mas irawan,mas bagoes org tangkil ya? Sy prnh kemah ditangkil wkt Mts,waduuh! jd tmbh kangen sm pringapus..sy pernah sekolah di pringapus,mts daarul ma’arif,masjid syekh adlh tmpt sy shlt dzuhur tiap hr,prnh jg 1x ziarah ke GM,kangen bnget sm pringapus,12th sy tdk tengok pringapus,sy tinggal di pangkalan bun kalteng,mdh2n sy ada ksmptn maen ke sana lg.

  12. kangdon says:

    kata makam serapan kata maqom/berdiri/tempat berdiri
    sarean tempat sare /tidur/…mati, kuburan tempat mayat

    di kuburan tentu orang akan ingat mati tapi kalau sudah pulang ya ngak tau

    ingat mati tentunya sedikit mikir dunia banyak mikir akhirat tidak biar dapat banyak dunia lewat sarean

    ning yo ugemane dw dw…sing penting kekancan apik tidak saling menyalahka.yo rak kangdon?…..sruput…..

  13. kangdon says:

    kitab blawong yang saya ketahui dulu tida se terkenal sekarang ini setelah th kurang lebih 1972 di pamerkan pertamina ke plaju maka terkenal lah kitab blawong tsb

    juga yang menulis namanya mbah basyarudin kemudian syehbasyarudin kemudian wali syeh basyarudin kemuddian
    di papan penunjuk sbl lapangan pringsari ada tulisan
    makam KH syeh basyarudin
    bagus untuk kebanggaan relegius di pringapus
    penulis mantan sekolah M M P sekarang MTs

  14. kangdon says:

    banyak jalan “syeh basyarudin
    di kantor UPTD dikbud jl supriadi sebelahnya kantor kelurahan jl syeh basyarudin jalan yang sama kacek sekilan
    photo kopi sebelah masjid jalan syeh basyarudin
    maddrasah aliah darul maarif jalan syeh basyarudin

    potokopi dan M A tembusnya kecil lewat jl mas charor

    UPTD dan kelurahan pringapus gandeng nama jl beda

  15. kangdon says:

    di pringapus tentunya unik sama sama orang islam, koq tegateganya ngusir/suruh pergi orang orag yang membawa alquran akan di kaji di mushola klewonan
    nek jan jane marilah kita sama sama merekrut orang yang belum mau sholat kita ajak ,neksudah sholat kita ajak mang kaji alqur.an bukan mengusir orang yang mau dakwah

    atau mari kita kandhani sadarlah pemabok
    atau mari kita kandhani sadarlah gak usah sabung ayam
    atau mari kita kandhani sadarlah gak usah nomer singgapur

  16. kangdon says:

    memmang tidak banyak di pring apus sini kajian alqur,an yang diterjemahkan atau atau nggenah ke isinya alqur,an karena nek diterjemahkan secara apa adanya isi alqur<an orang ter kritik dengan sendirinya
    kalok dikaji terus dunia jadi kecil akhirat jadi luas
    kalok tidak dikaji dunia luas akhirat kecil
    ya monggo pilih sendiri

    kalok kitab selain alquran sering dibaca walaupun tidak dibulan puasa

  17. Panca says:

    sepemahamanku, bahkan aku pernah nyekar ke makam pangeran Benowo, lokasinya di Jombang, di puncak bukit Jati. Di bukit sebelahnya juga terdapat petilasan padepokan pendekar hindu yang sempat bertarung dgn pangeran Benowo 3 hari 3 malam tanpa ada yang kalah hingga di akhir hayatnya.

  18. kamil says:

    Skrng kitap Blawong nya udah hilang pit….

  19. kamil says:

    Buat Panca dan temen2 yg laen,tentang keberadaan makam pangeran Bernowo itu emang rancu, ga usah heran krn setau aq emang ada bnyk makam orng2 terkenal d jawa yg dobel ada d mana2, mngkn i2 bertujuan untk menyamarkan, atau menghilangkan jejak agar tdk terjadi pemujaan2 d makam trsbt yg mengarah ke arah syirik.

  20. Subandrio says:

    Di Masjid Demak ada makm P.Benowo, sebelah Timur makam R.Patah, sebelah pendopo, r.tunggu

  21. agus winaryo says:

    makam pangeran Benowo itu ada di desa Panggarit kab Pemalang

  22. arya says:

    semalam saya bermimpi, saya disuruh berziarah kemakam yg katanya leluhur saya bernama mbah benowo. dalam mimpi itu, ada nenek2 yg menjadi guide saya. katanya makam itu ada disekitar alas roban belok kekiri. setelah sampai makam, ternyata disitu terdapat goa. mohon informasi kepada saudara2 yg tahu mengenai mbah benowo… trims…

  23. indoBerita says:

    wow…main ke blog kami ya ..kita br pembukaan

  24. akang arman says:

    kok ada ya di semarang, padahal di tulungagung juga ada sama persis , subhanalloh, memang mereka kekasih alloh, alhamdulilah…

  25. assalam…. apakah syeh basyarudin juga ada kaitannya dengan leluhur desa kami…

    mohon yang tahu bisa menjelaskan…

    di tunggu penjelasannya…

    soalnya leluhur desa kami masih simpang siur asal usulnya….

    mohon bisa membantu kami…

    wassalam..

    wargadesalemahirengbawen

  26. Darmawan says:

    Asslkm.. saya punya silsilah dr keluarga bapakku, setelah sy amati, garis keatas tersebut nama Pangeran Purwakusuma atau Pangeran Benawa II, putra Pangeran Benawa I, beliau dalam silsilah tersebut dimakamkan di gunung Munggut Pringapus. Tetapi dalam beberapa referensi yg saya cari , mengenai Pangeran Benawa I tidak saya temui yg menyebutkan bahwa Pangeran Benawa I mempunyai putra yg bernama Pangeran Purwakusuma… apakah ada yg bisa membantu saya atau yg mengetahui tentang Pangeran Benawa II atau Pangeran Purwakusuma ini? Terimakasih… wasslm

  27. This is a really good tip especially to those new to the
    blogosphere. Short but very accurate information… Many thanks for sharing this one.
    A must read post!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: