Pringapus Jadi Rintisan Kampung Kelinci


Ungaran, JTNR
Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan Departemen Pertanian merintis pembentukan kampung kelinci di kelurahan / kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Nota kesepahaman perintisan ditandatangani oleh Kepala Sub Direktorat Non Unggas Direktorat Budidaya Non Ruminansia, Ir Trimahanani Rahayu MM, Wakil Bupati Semarang Hj Siti Ambar Fathonah, dan ketua kelompok Rochani, di aula Kelurahan Pringapus, Selasa (1/9).

Menurut Trimahanani, di tanah air terjadi kecenderungan perubahan jenis ternak yang dibudidayakan sejak merebaknya penyakit flu burung, dan pandemi flu babi. Di beberapa daerah seperti Sukabumi (Jabar) dan Kabupaten Karo Sumatera Utara sebagian peternak ayam buras beralih ke kelinci yang relatif tahan penyakit. “Pola pengembangan kampung kelinci ini sangat bagus mendukung peningkatan produksi kelinci terutama pedaging. Sehingga Direktorat Budidaya Non Ruminansia akan terus mendukung dan melaksanakan program ini,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, rintisan kampung kelinci menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah minimnya sentra pembibitan kelinci di tingkat desa. “Budidaya ternak kelinci ini masih sangat prospektif. Pangsa pasar luar negeri seperti Singapura membutuhkan sepuluh ribu ekor per bulan yang belum tercukupi oleh peternak, ” jelasnya.

Diakui, salah satu kendala pengembangan peternakan oleh para peternak adalah minimnya dana, dan kesulitan akses perbankan karena tidak adanya jaminan pinjaman. Trimahanani mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah untuk memberikan kemudahan akses kredit ke perbankan bagi para peternak. Selain itu juga menghargai upaya Pemkab Semarang mengembangkan budidaya kelinci yang ditandai dengan pencanangan di Kelurahan Pringapus sebagai sentra pembibitan kelinci pedaging oleh Wabup Semarang.

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Ir Agus Purwoko Djati menjelaskan, jumlah populasi ternak kelinci di Kabupaten Semarang mencapai 27 ribu ekor yang tersebar di beberapa Kecamatan. Sentra peternakan kelinci ada di Sumowono dan Kopeng Getasan. Namun sekarang telah berkembang banyak rintisan peternakan termasuk di Pringapus,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak peternak yang tertarik pada kelinci karena budidayanya yang mudah dan murah. Dalam setahun, ternak kelinci bisa lima kali beranak. Selain itu pangsa pasar ternak kelinci pedaging juga bagus, karena memiliki protein tinggi dan bebas kolesterol. (*Junaedi – Ed.Spt).

Sumber : http://www.jawatengah.go.id/news.php?NEWS=2009090203

8 Responses to Pringapus Jadi Rintisan Kampung Kelinci

  1. Kelinci says:

    Good idea. Thanks.

  2. fayantori31 says:

    salam kenal dari wong klepu, sang blogger cap “kacang atom” hehe….

    mau bergabung bisa nggak? tapi untuk modal kita belum punya bagaimana? hehe…maklum PNS (pegawai negeri sendiri)

    http://mencari-solusi.blogspot.com
    http://internetadauang.blogspot.com

  3. Malik says:

    Mas nya bisa gabung dulu di facebook Warga Pringapus. Nanti disana saya perkenalkan dengan orang-orang BKM yang berkompeten membantu.

  4. kangdon says:

    jual kelinci percobaan dari besi

    alamat wis dho nggenah

  5. kangdon says:

    kurang juweh piye wong kelinci itu banyak yang gromosen
    apa mungkin yang pelihara kurang resik an atau kurang reget tan banyak kelinci kelinci gromosen nek jijual nonggone pon pon nan lakunya murah
    gimana kalok kelinci gromosen di olesi dulu tutuk nya
    dengan oli bekas biar mrotholi gudik nya mau nggak!!

  6. kangdon says:

    kelinci memang baek buat kerja sambilan hanya dengan segegam suket bisa maregi perut kelinci
    tapi yo kudu tekun, tlaten, open, kalok ndak gitu yo..jangan harap ber hasil
    bebarengan kelinci juga lele dunbo
    siapa ya yang berhasil ternak kelinci/leledumbo di pringapus..?

  7. kunmisbah says:

    weleh….weleh….usaha kudu sabar Bos.>.!!!

  8. kunmisbach says:

    kini perkembangan ternak kelinci skg, di pringapus? sdh brp % ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: